PENGARUH IKLAN OBAT INFLUENZA TERHADAP KERASIONALAN PENGGUNAAN OBAT PADA IBU RUMAH TANGGA DI DUSUN TEGALWUNI KABUPATEN SEMARANG
Isi Artikel Utama
Abstrak
Untuk mewujudkan masyarakat yang sehat secara fisik maupun mental langkah yang ditempuh pemerintah mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat yang dilaksanakan secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan, dan diselenggarakan bersama antara pemerintah dan masyarakat. Usaha yang dilakukan pemerintah daerah untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya hidup sehat, setiap bulan dari pihak puskesmas Banyubiru melakukan kegiatan posyandu satu bulan sekali dan pustu di Randusari yang letaknya agak jauh dari perkampungan Dusun Tegalwuni. Hal ini mendorong ibu-ibu warga Dusun Tegalwuni yang berjumlah 226 ada kecenderungan melalukan swamedikasi tanpa harus berkonsultasi dengan ahli kesehatan. Iklan obat mempunyai kontribusi terhadap perilaku swamedikasi. Jika tidak diimbangi dengan informasi obat yang benar, maka akan membawa masyarakat ke arah penggunaan obat yang tidak rasional. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan penggunaan obat pada ibu rumah tangga dan menganalisis dampak iklan obat pada ibu rumah tangga.
Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan desain cross sectional pengambilan data satu waktu Lokasi penelitian di Dusun Tegalwuni, Kabupaten Semarang teknik pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling jumlah responden sebanyak 69 ibu rumah tangga. Data dikumpulkan dengan angket, yang diisi sendiri oleh responden. Data dianalisis secara deskriptif.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Dusun Tegalwuni Kabupaten Semarang didapatkan nilai signifikan p adalah 0,012, karena nilai signifikan p > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh iklan obat Influenza terhadap kerasionalan penggunaan obat pada ibu rumah tangga di Dusun Tegalwuni Kabupaten Semarang