ANALISIS IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) PADA PELAYANAN KEFARMASIAN RUMAH SAKIT NASIONAL DIPONEGORO SEMARANG

Isi Artikel Utama

Abstrak

Mutu pelayanan kesehatan yang diberikan oleh sebuah rumah sakit sangat menentukan persaingan dalam memenuhi kepuasan pasien dan menjadi salah satu hal penting untuk menjaga kualitas dari rumah sakit itu sendiri. Total Quality Management (TQM) adalah sebuah sistem manajemen yang digunakan untuk meningkatkan mutu pelayanan dan membantu pencapaian target yang ditetapkan oleh suatu organisasi.


Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan menggunakan wawancara melalui kuesioner yang dilakukan di Rumah Sakit Nasional Diponegoro Semarang dengan tujuan untuk menganalisa implementasi Total Quality Management (TQM) pada pelayanan kefarmasiannya. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metodeĀ  Importance Perfomance Analysis (IPA).


Hasil analisis nilai tingkat kinerja dan harapan/kepentingan dalam diagram kartesius melalui metode IPA menunjukan atribut/komponen pendidikan dan pelatihan dan kebebasan yang terkendali masuk dalam kuadran prioritas utama. Fokus pada pelanggan, obsesi pada kualitas, pendekatan ilmiah dan perbaikan sistem yang berkesinambungan masuk dalam kuadran pertahankan. Komitmen jangka panjang dan adanya keterlibatan dan pemberdayaan karyawan masuk dalam kuadran prioritas rendah. Kerjasama tim dan kesatuan tujuan masuk dalam kuadran berlebihan. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat implemntasi TQM pada pelayanan kefarmasian di Rumah sakit Nasional Diponegoro masih belum berjalan baik.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ferika Indrasari, Sri Suwarni, & Eni Sucitra Murti. (2019). ANALISIS IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) PADA PELAYANAN KEFARMASIAN RUMAH SAKIT NASIONAL DIPONEGORO SEMARANG. Jurnal Farmasi & Sains Indonesia, 2(1), 90-98. Diambil dari https://www.journal.stifera.ac.id/index.php/jfsi/article/view/13
Bagian
Articles