Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Kefarmasian Pasien Rawat Jalan Dengan Tingkat Kepuasan di Puskesmas X
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pelayanan kefarmasian merupakan pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan Farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Kualitas pelayanan merupakan suatu hal yang sering dikeluhkan oleh pasien pada saat berobat di puskesmas. Pelayanan yang tidak baik, kurang ramah, pelayanan yang lambat menjadi faktor yang berpengaruh terhadap kualitas pelayanan. Tingkat kepuasaan merupakan fungsi dari perbedaan antara kinerja yang dirasakan dengan harapan apabila kinerja dibawah harapan maka pelanggan merasa kecewa begitu pula sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan kefarmasian terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Purwodadi II.
Penelitian ini menggunakan metode Observasional Analitik dengan rancangan Cross Sectional dengan teknik sampel Purposive Sampling. Data yang diperoleh adalah data primer dari hasil pengisian kuesioner pasien yang berobat di Puskesmas Purwodadi II. Proses analisis data dalam penelitian ini yaitu Editing, Coding,Skoring,dan Tabulating.