KEPUASAN PASIEN PADA PEMBERIAN PIO PENJUALAN SWAMEDIKASI TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DI APOTEK SYARINA KABUPATEN SEMARANG

Isi Artikel Utama

Sefia Fitriani
Sri Suwarni
Ratna Wulandari
Heri Rustaman
Aprilia Kusumaningtyas

Abstrak

Pelayanan kefarmasian saat ini telah semakin berkembang seiring dengan peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan. Apotek merupakan suatu sarana untuk melakukan pekerjaan kefarmasian dan sarana untuk pelayanan perbekalan farmasi kepada masyarakat. Salah satu pekerjaan kefarmasian yang dilakukan di apotek adalah PIO (Pelayanan Informasi Obat). Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan kepuasan pasien pada pemberian PIO penjualan swamedikasi terhadap customer loyalty di Apotek Syarina Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Data dikumpulkan dengan metode purposive sampling dan menggunakan rumus Slovin untuk menentukan besar sampel dan populasi. Subjek penelitian seluruh customer yang menerima pelayanan informasi obat pada swamedikasi di Apotek Syarina Kabupaten Semarang dengan metode analisis pearson correlation. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat hubungan tingkat kepuasan pasien terhadap customer loyalty di Apotek Syarina dengan nilai siq = 0,00<0,05. Hasil uji coefficient contingensi 0,607 serta correlation = 0,763 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara variable tersebut sehingga disimpulkan terdapat pengaruh tingkat kepuasan pasien pada pemberian PIO penjualan swamedikasi terhadap costumer loyalty konsumen Apotek Syarina.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Fitriani, S., Suwarni, S., Wulandari, R., Rustaman, H., & Kusumaningtyas, A. (2024). KEPUASAN PASIEN PADA PEMBERIAN PIO PENJUALAN SWAMEDIKASI TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DI APOTEK SYARINA KABUPATEN SEMARANG. Jurnal Farmasi & Sains Indonesia, 6(1), 144-153. https://doi.org/10.52216/jfsi.vol6no1p144-153
Bagian
Articles